RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMAN 1 Semarang
Mata
Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas/Sementara : XII (duabelas) / 1 (Satu)
Materi
Pokok :
Perkembangan Kehidupan Ekonomi Bangsa Indonesia pada masa demokrasi terpimpin
Alokasi
Waktu : 1 x pertemuan (2 x 45
menit)
A. KOMPETENSI INTI :
KI-I
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
|
KI-2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan prilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleransi,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI-3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuan tentang ilmu pegetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan dan perdaban terkait penyebab fenomena, dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI-4
|
:
|
Mengolah, menalar dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri
dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
|
B. KOMPETENSI DASAR
1.2
|
:
|
Mengamalkan hikmah kemerdekaan sebagai
tanda syukur kepada Tuhan YME dalam kegiatan membangun kehidupan berbangsa
dan bernegara
|
2.2
|
:
|
Berlaku jujur dan bertanggungjawab
dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
|
3.4
|
:
|
Mengevaluasi perkembangan kehidupan
politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
|
4.4
|
:
|
Melakukan
penelitian sederhana tentang kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia
pada masa Demokrasi Terpimpin dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis
|
C. INDIKATOR
1.2.1
|
:
|
Menujukkan hikmah kemerdekaan sebagai tanda syukur
kepada Tuhan YME, dalam kegiatan membangun kehidupan berbangsa dan bernegara
dengan berdoa sebelum dan sesudah proses pembelajaran
|
2.2.1
|
:
|
Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan diskusi dalam proses
pembelajaran
|
2.2.2
|
:
|
Mengamalkan
prilaku jujur terhadap penyelesaian
tugas-tugas yang diberikan dari pembelajaran sejarah
|
3.4.1
3.4.2
|
:
|
Menjelaskan
ciri-ciri kehidupan ekonomi pada masa demokrasi terpimpin
Menganalis
langkah-langkah yang ditempuh pemerintah dalam upaya meningkatkan aktivitas
perekonomian bangsa Indonesia pada masa demokrasi terpimpin
|
4.4.1
|
:
|
Membuat
laporan tentang kehidupan ekonomi pada masa demokrasi terpimpin
|
4.4.2
|
:
|
Mempresentasikan hasil diskusi tentang kehidupan
ekonomi pada masa demokrasi terpimpin
|
D. Materi Pembelajaran
Pertemuan 3
1.
Kehidapn ekonomi pada masa demokrasi
terpimpin
Ø
Pembentukan badan perencanaan
pembangunan nasional
Ø
Penekanan laju inflasi
Ø
Penurunan nilai mata uang (Devaluasi
Uang)
Ø
Perdagangan dan perkreditan luar negeri
Lampiran 1
E. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
WAKTU
|
v
PERTEMUAN
1 (2 X 45 Menit)
|
||
PENDAHULUAN
|
Apresepsi
dan Motivasi:
a.
Guru membuka pelajaran dengan
memberikan salam, berdoa bersama, mempresensi peserta didik dan memeriksa
kerapian siswa atau kelas
b.
Guru memberikan
motivasi kepada peserta didik dengan bersama-sama menyanyikan lagu “Bangun
Pemudi-pemuda
c.
Apersepsi guru mengaitkan materi yang
pernah didapat oleh peserta didik dengan materi yang akan disampaikan
d.
Guru menyampaikan topik
tentang “ kehidupan ekonomi pada masa
demokrasi terpimpin”.
e.
Guru menyampaikan indikator ketercapaian
f.
Guru membagi
kelas menjadi 4 kelompok
peserta didik (kelompok I, II, III, dan IV
), masing-masing kelompok 4 orang secara heterogen
|
15
Menit
|
INTI
|
A.
Mengamati
(Observing)
a. Guru
menjelaskan konsep permasalahan tetang kehidupan perekonomian bangsa
Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
b. Peserta
didik melihat beberapa gambar terkait dengan kondisi perekonomian Indonesia
masa Demokrasi Terpimpin
Nilai
yang dikembangkan rasa kedisiplinan dan tanggung jawab dalam mejaga sikap
ketika guru sedang menjelaskan konsep permasalahan tentang kehidupan ekonomi
bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
|
60
Menit
60
E60nit
|
B.
Menanya
(Questioning)
a. Guru
mendorong peserta didik untuk berinteraksi tanya jawab
tentang gambar atau slide yang ditayangkan
b. Peserta
didik menanyakan sekilas tentang keadaan ekonomi pada
masa demokrasi terpimpin, misalnya :
a)
Apa saja kebijakan ekonomi
yang diterapkan pemerintah pada masa demokrasi terpimpin
c. Berdasarkan
sejumlah pertanyaan yang teridentifikasi, peserta didik mencari jawaban
melalui diskusi kelompok dengan model two stay two
stray
Nilai yang dikembangkan nilai
kreativitas, rasa ingin tahu
|
||
B.
Mengumpulkan Data (Experimenting)
a. Peserta
didik megumpulkan data atau informasi dari berbagai literatur dan referensi
mengenai soal yang diberikan dan dijadikan sebagai pedoman .
b. Peserta didik dengan kelompoknya mendiskusikan
Ø
Kelompok 1 tentang bagaimana Pembentukan
badan perencanaan pembangunan nasional
Ø
Kelompok 2 tentang Penekanan
laju inflasi
Ø
Kelompok 3 tentang Penurunan
nilai mata uang (Devaluasi Uang)
Ø
Kelompok 4 tentang Perdagangan
dan perkreditan luar negeri
Nilai yang dikembangkan nilai sikap
jujur, tanggungjawab, dan aktif
|
||
C. Menganalisis Data/ Mengasosiasi
a.
Peserta didik menganalisis informasi yang telah dikumpulkan
b.
Setiap anggota kelompok megutarakan hasil analisisnya
mengenai jawaban atas pertanyaan yang telah disusun, kemudian
mendiskusikannya untuk mencari jawaban yang benar
c.
Peserta didik menyusun jawaban hasil diskusi bersama pada
lembar jawaban
d.
Setelah selesai, dua orang dari masing-masing bertamu
ke kelompok yang lain
e.
Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas
membagikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu mereka
f.
Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri
dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain
Nilai
yang dikembangkan sikap prilaku disiplin, tanggungjawab, kerjasama
|
||
C.
Mengkomunikasikan
(Communicting)
a. Guru
membimbing peserta didik untuk mulai mengkomunikasikan
hasil kegiatan kelompok
b. Masing-masing perwakilan kelompok maju kedepan untuk
mempersentasikan hasil kerja kelompoknya
c. Kelompok
lain memberikan tanggapan dan guru memberikan
konfirmasi terhadap jawaban peserta didik dalam diskusi, dengan
meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan penghargaan bila jawaban
benar
Nilai yang
dikembangkan teliti, santun, responsive, dan kemampuan berfikir sistematis
dan mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar, percaya diri
|
||
PENUTUP
|
A.
Kesimpulan
:
Peserta
didik dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya
jawab secara klasikal tentang kehidupan ekonomi pada masa demokrasi terpimpin
B.
Evaluasi
:
Peserta
didik mengerjakan lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai
evaluasi pembelajaran
C.
Refleksi
:
1. Peserta
didik diminta menjawab pertanyaan reflektif misalnya
a. Apakah
pembelajaran hari ini menyenangkan
b. Pengetahuan
baru apa yang peserta didik peroleh pada pembelajaran kita hari ini?
2. Kegiatan
pembelajaran ditutup dan diakhiri dengan salam
|
15menit
|
F. Penilaian
1.
Kompetensi
Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
a.
Teknik Penilaian : Observasi
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
c.
Kisi-kisi : Terlampir
Instrumen: lampiran 2
2.
Kompetensi
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Kerja Siswa
c.
Kisi-kisi : Terlampir
Instrumen: lampiran 3
3.
Kompetensi
Keterampilan
a. Kegiatan : Diskusi
b. Teknik Penilaian : Unjuk
Kerja
c. Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
d. Kisi-kisi : Terlampir
Instrumen: lampiran 4
G. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media :
gambar, powerpoint
2.
Alat/Bahan : Laptop, LCD, White board, Spidol, Lembar Kegiatan
Siswa
3.
Sumber Belajar
Sumber buku :
1.
Badrika, I Wayan. 2006. “Sejarah untuk
SMA Kelas XII”. Jakarta : Erlangga.
2.
Matroji. 2008. Sejarah 3 SMA/MA Kelas
XII Program IPS. Jakarta: Bumi Aksara
Sumber Internet :
i.
Aha99.wordprees.com/tag/masa-demokrasi-terpimpin/
Diakses pada hari Rabu, 2 April 2014 pukul 08:59 WIB.
ii.
history.blogspot.com/2013/04bab-2-perbandingan-maa-demokrasi.html.
Diakses pada hari Rabu, 2 April 2014 pukul 08:59 WIB
Semarang,
Mengetahui:
Kepala SMA N 1 Semarang Guru Mata Pelajaran,
_______________________ ____________________
NIP. ...
Lampiran
2. Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap sosial
Penilaian
Sikap
Jenis/Teknik
Penilaian : Observasi
Bentuk Instrumen
dan Instrumen : Lembar Observasi
Kisi-kisi :
No
|
Indikator
|
|||
1
|
Menujukkan hikmah kemerdekaan sebagai tanda syukur
kepada Tuhan YME, dalam kegiatan membangun kehidupan berbangsa dan bernegara
dengan:
1.
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran
2.
Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut
3.
Saling menghormati dan toleransi
4.
Memelihara hubungan baik dengan sesama
teman sekelas.
|
|||
2
|
Mengamalkan
prilaku jujur terhadap penyelesaian
tugas-tugas yang diberikan dari pembelajaran sejarah
1. Tidak
berbohong
2. Mengembalikan
kepada yang berhak bila menemukan sesuatu
3. Tidak
menyontek
4. Terus
terang
|
|||
3
|
Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan diskusi dalam proses
pembelajaran
1. Menyelesaikan tugas tepat waktu
2. Berkontribusi dalam kelompok
3. Saling
menghargai / toleran terhadap perbedaan
4. Ramah
dengan sesama teman
|
|||
|
||||
Rubrik
pemberian skor:
4 =
jika peserta didik melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut
3 =
jika peserta didik melakukan 3 (empat) kegiatan tersebut
2 =
jika peserta didik melakukan 2 (empat)
kegiatan tersebut
1 =
jika peserta didik melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut
Penilaian
Sikap
|
|
|
|
Modus
|
Predikat
|
|
|
3,51-4,00
|
Sangat Baik
(SB)
|
|
Nilai=
|
2,51-3,50
|
Baik (B)
|
|
|
1,51-2,50
|
Cukup (C)
|
|
|
1,00-1,50
|
Kurang (K)
|
|
|
Lembar Observasi Sikap Spiritual dan Sosial
Kelas :
………………………………
Tanggal pengamatan : ………………………………
Materi pokok/ Tema : ………………………………
No
|
Tanggal
|
Nama
Peserta didik
|
Aspek
penilaian
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
kategori
|
||
Sikap
Spiritual
|
Sikap
Sosial
|
|||||||
Mensyukuri
(1-4)
|
Jujur
(1-4)
|
Tanggung
jawab
(1-4)
|
||||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran
3. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Kompetensi
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes tertulis
b.
Bentuk Instrumen : Essai
c.
Indikator :
Menganalis
langkah-langkah yang ditempuh pemerintah dalam upaya meningkatkan aktivitas
perekonomian bangsa Indonesia pada masa demokrasi terpimpin
d.
Kisi-kisi :
No.
|
Materi Pokok
|
Butir Instrumen
|
1
|
Proses
pembentukkan perencaaan pembangunan nasional (Executing the National Development)
|
1 - 2
|
2
|
Penekanan laju
inflansi (Pushing the Rate of
Iflation)
|
3 - 5
|
3
|
Penurunan
nilai mata uang (Money Devaluation)
|
6 - 8
|
4
|
Perdagangan dan perkreditan
luar negeri
|
9 - 10
|
No
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Pada masa kabinet siapakah yang telah mengeluarkan UU tentang perencanaan untuk membentuk badan
perekonomian yang bertugas untuk meningkatkan taraf ekonomi bangsa
|
2.
|
Pada tahun 1963 Dewan Perancang Nasional berubah
menjadi…..
|
3.
|
Suatu proses
meningkatnya harga-harga secara umum dan terus menerus (kontinu)berkaitan
dengan mekanisme pasar yang disebabkan berbagai faktor disebut…..
|
4.
|
Peraturan
pemerintah yang dikeluarkan sebagai upaya membendung inflasi adalah…..
|
5.
|
Pada masa
sistem Ekonomi Terpimpin, semua Bank dikuasai oleh Negara disatukan dengan
nama…..
|
6.
|
Dalam rangka
membendung inflasi dan mengurangi jumlah uang yang beredar di masyarakat,
pemerintah mengumumkan penurunan nilai uang yang juga disebut dengan…..
|
7.
|
Pada peraturan
yang disosialisasikan pada tanggal 25 Agustus 1959 Uang kertas pecahan Rp
1.000,00 nilainya diturunkan menjadi…..
|
8.
|
Kegagalan
dalam berbagai kebijakan moneter itu semakin diperparah dengan pelaksanaan
proyek-proyek mercusuar, seperti pembangunan gedung-gedung yang digunakan
untuk ….. dan ….
|
9.
|
RRC
dan Indonesia memiliki hubungan perdaganga bilateral yang didasarkan atas
sistem…..
|
10.
|
Pungutan yang
dikenakan pada pemberian izin impor disebut dengan …..
|
Kunci Jawaban:
1. Kabinet
Djuanda
2. Badan Perancang Pembangunan Nasional
(Bappenas)
3. Game of the New Emerging Forces
(Ganefo) dan Conference of the New Emerging Forces (Conefo)
4. Inflasi
5. Peraturan
Pemerintah Pengganti UU No. 2 th 1959
6. Devaluasi
uang
7. Rp.
100,00
8. Bank
Negara Indonesia
9. Government to government (g
to g)
10. Deferrend payment
e.
Rubik
penilaian
Jumlah
jawaban benar X 10 = Nilai
|
1.
Pedoman pensekoran : Skor
max 100
2.
Dengan rincian
:
No
|
Skor
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
|
total
|
100
|
Lampiran 4. Penilaian Komepetensi
Keterampilan
Kompetensi Keterampilan
a. Teknik
Penilaian : Diskusi Kelompok
b.
Bentuk Instrumen : Pengamatan Sikap
c. Kisi-kisi :
v
contoh lembar penilaian 1
Format
Penilaian kelompok
Unjuk kerja
dalam bentuk diskusi model pembelajaran two stay two stray.
Lembar Penilaian Diskusi Two Stay Two Stray
Hari/Tanggal : ………
Materi
Pembelajaran : ……....
Nama
Kelompok :………
SMA N 1 Semarang
No
|
Sikap /Aspek yang dinilai
|
Nama Kelompok/
Nama peserta
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
Penilaian
kelompok
|
||||
1.
|
Menyelesaikan
tugas kelompok dengan baik
|
|
|
|
2.
|
Kerjasama
Kelompok
|
|
|
|
3.
|
Hasil
tugas
|
|
|
|
Jumlah
nilai kelompok
|
|
|
||
Penilaian
Individu Peserta didik
|
||||
1.
|
Berani
mengemukakan pendapat
|
|
|
|
2.
|
Berani
menjawab pertanyaan
|
|
|
|
3.
|
Inisiatif
|
|
|
|
4.
|
Ketelitian
|
|
|
|
Jumlah
nilai Individu
|
|
|
a.
Kriteria
Penilaian
Kriteria
Indikator
|
Nilai
Kualitatif
|
Nilai
Kuantitatif
|
80
– 100
|
Memuaskan
|
4
|
70
– 79
|
Baik
|
3
|
60
– 69
|
Cukup
|
2
|
45
– 59
|
Kurang
Cukup
|
1
|
v Lembar Penilaian
2
Lembar Kerja Kelompok
Nama
:
Kelas :..................
Hari
/ Tanggal :
Materi :
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Rata-Rata Nilai
|
||
Partisipasi
|
Pemahaman materi
|
Penampilan
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
a. Partisipasi
Peserta didik memperoleh nilai :
4 : apabila peserta didik berinteraksi
dalam satu kelompok dan
3 :
apabila peserta didik aktif dalam penyajian maupun saat sesi diskusi
2 : apabila peserta didik memperhatikan terhadap situasi penyajian
1
: apabila peserta didik
tidak memperhatikan atau acuh terhadap situasi penyajian
b. Pemahaman Materi
Peserta didik memperoleh nilai :
4 : apabila peserta didik mampu
menganalisis permasalahan dalam materi dan mengembangkan idenya
3 :
apabila peserta didik mampu menganalisis permasalahan dalam materi
2 : apabila peserta didik paham akan
materi yang disajikan
1 : apabila peserta didik tidak dapat
memahami materi yang disajikan
2)
Penampilan
Peserta didik memperoleh nilai :
4 : apabila peserta didik mampu
mempertahankan pemikirannya dan mengembangkan idenya
3 :
apabila peserta didik mampu menumbuhkan pemikiran baru dari peserta lain
2 : apabila peserta didik mampu menyajikan
apa yang sudah dikerjakan
1 : apabila peserta didik kurang yakin
akan hasil pekerjaan yang dikerjakan
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1
sampai 4
Perhitungan skor akhir
menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 9, skor tertinggi
4 x 3 pernyataan = 12, maka skor akhir :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik
: apabila memperoleh skor 3,34 –
4,00
Baik : apabila
memperoleh skor 2,66 – 3,33
Cukup : apabila memperoleh skor 1,66 – 2,65
Kurang : apabila memperoleh skor kurang 1,66
Lampiran 6.
Lembar Kerja Siswa
Tugas Individu I
1. Pada kabinet pemerintah siapa yang telah mengeluarkan sebuah
UU tentang perencanaan untuk membentuk badan perekonomian yang bertugas
untuk meningkatkan taraf ekonomi bangsa ?
2. Pada tahun 1963 Dewan Perancang Nasional berubah
menjadi…..
3. Suatu proses meningkatnya
harga-harga secara umum dan terus menerus (kontinu)berkaitan dengan
mekanisme pasar yang disebabkan berbagai factor disebut…..
4. Peraturan pemerintah yang
dikeluarkan sebagai upaya membendung inflasi adalah…..
5. Pada masa sistem Ekonomi
Terpimpin, semua Bank dikuasai oleh Negara disatukan dengan nama…..
6. Dalam rangka membendung
inflasi dan mengurangi jumlah uang yang beredar di masyarakat, pemerintah
mengumumkan penurunan nilai uang yang juga disebut dengan…..
7. Pada peraturan yang
disosialisasikan pada tanggal 25 Agustus 1959 Uang kertas pecahan Rp
1.000,00 nilainya diturunkan menjadi…..
8. Kegagalan dalam berbagai
kebijakan moneter itu semakin diperparah dengan pelaksanaan proyek-proyek
mercusuar, seperti pembangunan gedung-gedung yang digunakan untuk ….. dan
….
9. RRC dan Indonesia
memiliki hubungan perdaganga bilateral yang didasarkan atas sistem…..
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar