RPP k13 Kehidupan ekonomi Demokrasi Terpimpin

RPP k13 Kehidupan ekonomi Demokrasi Terpimpin

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMAN  1 Semarang
Mata Pelajaran            : Sejarah Indonesia
Kelas/Sementara         : XII (duabelas) / 1 (Satu)
Materi Pokok      : Perkembangan Kehidupan Ekonomi Bangsa Indonesia pada masa demokrasi terpimpin
Alokasi Waktu            : 1 x pertemuan (2 x 45 menit)

A.      KOMPETENSI INTI :
KI-I
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2
:
Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleransi, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam  serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI-3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan  rasa keingintahuan tentang ilmu pegetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan perdaban terkait penyebab fenomena, dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4
:
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan  ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.       KOMPETENSI DASAR
1.2
:
Mengamalkan hikmah kemerdekaan sebagai tanda syukur kepada Tuhan YME dalam kegiatan membangun kehidupan berbangsa dan bernegara
2.2
:
Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
3.4
:
Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
4.4
:
Melakukan penelitian sederhana tentang kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis

C.      INDIKATOR
1.2.1
:
Menujukkan  hikmah kemerdekaan sebagai tanda syukur kepada Tuhan YME, dalam kegiatan membangun kehidupan berbangsa dan bernegara dengan berdoa sebelum dan sesudah proses pembelajaran
2.2.1
:
Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan diskusi dalam proses pembelajaran
2.2.2
:
Mengamalkan prilaku jujur terhadap penyelesaian  tugas-tugas yang diberikan dari pembelajaran sejarah
3.4.1
3.4.2
:
Menjelaskan ciri-ciri kehidupan ekonomi pada masa demokrasi terpimpin
Menganalis langkah-langkah yang ditempuh pemerintah dalam upaya meningkatkan aktivitas perekonomian bangsa Indonesia pada masa demokrasi terpimpin
4.4.1
:
Membuat laporan tentang kehidupan ekonomi pada masa demokrasi terpimpin
4.4.2
:
Mempresentasikan hasil diskusi tentang kehidupan ekonomi pada masa demokrasi terpimpin

D.      Materi Pembelajaran
     Pertemuan 3
1.      Kehidapn ekonomi pada masa demokrasi terpimpin
Ø  Pembentukan badan perencanaan pembangunan nasional
Ø  Penekanan laju inflasi
Ø  Penurunan nilai mata uang (Devaluasi Uang)
Ø  Perdagangan dan perkreditan luar negeri
       Lampiran 1

E.       Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU
v  PERTEMUAN 1 (2 X 45 Menit)
PENDAHULUAN
Apresepsi dan Motivasi:
a.      Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam, berdoa bersama, mempresensi peserta didik dan memeriksa kerapian siswa atau kelas
b.      Guru memberikan motivasi kepada peserta didik dengan bersama-sama menyanyikan lagu “Bangun Pemudi-pemuda
c.      Apersepsi guru mengaitkan materi yang pernah didapat oleh peserta didik dengan materi yang akan disampaikan
d.     Guru menyampaikan topik tentang “ kehidupan ekonomi  pada masa demokrasi terpimpin”.
e.      Guru menyampaikan  indikator ketercapaian
f.       Guru membagi kelas menjadi 4 kelompok peserta didik (kelompok I, II, III, dan IV ), masing-masing kelompok 4 orang secara heterogen
15 Menit
INTI
A.    Mengamati (Observing)
a.     Guru menjelaskan konsep permasalahan tetang kehidupan perekonomian bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
b.     Peserta didik melihat beberapa gambar terkait dengan kondisi perekonomian Indonesia masa Demokrasi Terpimpin
Nilai yang dikembangkan rasa kedisiplinan dan tanggung jawab dalam mejaga sikap ketika guru sedang menjelaskan konsep permasalahan tentang kehidupan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
60 Menit
60    E60nit
B.   Menanya (Questioning)
a.     Guru mendorong  peserta didik untuk berinteraksi tanya jawab tentang gambar atau slide yang ditayangkan
b.     Peserta didik menanyakan sekilas tentang keadaan ekonomi pada masa demokrasi terpimpin, misalnya :
a)         Apa saja kebijakan ekonomi yang diterapkan pemerintah pada masa demokrasi terpimpin
c.     Berdasarkan sejumlah pertanyaan yang teridentifikasi, peserta didik mencari jawaban melalui diskusi kelompok dengan model two stay two stray
Nilai yang dikembangkan nilai kreativitas, rasa ingin tahu
B.   Mengumpulkan  Data (Experimenting)
a.    Peserta didik megumpulkan data atau informasi dari berbagai literatur dan referensi mengenai soal yang diberikan dan dijadikan sebagai pedoman .
b.    Peserta didik dengan kelompoknya mendiskusikan
Ø Kelompok 1 tentang bagaimana Pembentukan badan perencanaan pembangunan nasional
Ø Kelompok 2 tentang Penekanan laju inflasi
Ø Kelompok 3  tentang Penurunan nilai mata uang (Devaluasi Uang)
Ø Kelompok 4 tentang Perdagangan dan perkreditan luar negeri
Nilai yang dikembangkan nilai sikap jujur, tanggungjawab, dan aktif
C.   Menganalisis  Data/ Mengasosiasi
a.         Peserta didik menganalisis informasi yang telah dikumpulkan
b.         Setiap anggota kelompok megutarakan hasil analisisnya mengenai jawaban atas pertanyaan yang telah disusun, kemudian mendiskusikannya untuk mencari jawaban yang benar
c.         Peserta didik  menyusun jawaban hasil diskusi bersama pada lembar jawaban
d.        Setelah selesai, dua orang dari masing-masing bertamu ke kelompok yang lain
e.         Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu mereka
f.          Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain
Nilai yang dikembangkan sikap prilaku disiplin, tanggungjawab,  kerjasama
C.    Mengkomunikasikan (Communicting)
a.  Guru membimbing peserta didik untuk mulai mengkomunikasikan hasil kegiatan kelompok
b. Masing-masing perwakilan kelompok maju kedepan untuk mempersentasikan hasil kerja kelompoknya
c.  Kelompok lain memberikan tanggapan dan guru memberikan  konfirmasi terhadap jawaban peserta didik dalam diskusi, dengan meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan penghargaan bila jawaban benar
Nilai yang dikembangkan teliti, santun, responsive, dan kemampuan berfikir sistematis dan mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar, percaya diri
PENUTUP
A.    Kesimpulan :
Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal tentang   kehidupan ekonomi pada masa demokrasi terpimpin
B.     Evaluasi :
Peserta didik mengerjakan lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai evaluasi pembelajaran
C.    Refleksi :
1. Peserta didik diminta menjawab pertanyaan reflektif misalnya
a.       Apakah pembelajaran hari ini menyenangkan
b.      Pengetahuan baru apa yang peserta didik peroleh pada pembelajaran kita hari ini?
2. Kegiatan pembelajaran ditutup dan diakhiri dengan salam
15menit


F.       Penilaian
1.        Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
a.    Teknik Penilaian                 : Observasi
b.    Bentuk Instrumen               : Lembar Observasi
c.    Kisi-kisi                              : Terlampir
Instrumen: lampiran 2

2.      Kompetensi Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian                 : Tes Tertulis
b.      Bentuk Instrumen               : Lembar Kerja Siswa
c.       Kisi-kisi                              : Terlampir
Instrumen: lampiran 3

3.      Kompetensi Keterampilan
a.    Kegiatan                             : Diskusi
b.    Teknik Penilaian                 : Unjuk Kerja
c.    Bentuk Instrumen               : Lembar Observasi
d.   Kisi-kisi                              : Terlampir
Instrumen: lampiran 4




G.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media                          : gambar,  powerpoint
2.    Alat/Bahan                  : Laptop, LCD, White board, Spidol, Lembar Kegiatan Siswa
3.    Sumber Belajar
Sumber buku :
1.      Badrika, I Wayan. 2006. “Sejarah untuk SMA Kelas XII”. Jakarta : Erlangga.
2.      Matroji. 2008. Sejarah 3 SMA/MA Kelas XII Program IPS. Jakarta: Bumi Aksara 
Sumber Internet :
                            i.      Aha99.wordprees.com/tag/masa-demokrasi-terpimpin/ Diakses pada hari Rabu, 2 April 2014 pukul 08:59 WIB.
                          ii.      history.blogspot.com/2013/04bab-2-perbandingan-maa-demokrasi.html. Diakses pada hari Rabu, 2 April 2014 pukul 08:59 WIB


Semarang,
Mengetahui:                                                               
Kepala SMA N 1 Semarang                                                       Guru Mata Pelajaran,



           
_______________________                                                  ____________________
NIP. ...                                                                    


























Lampiran 2. Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap sosial

Penilaian Sikap
Jenis/Teknik Penilaian                          : Observasi
Bentuk Instrumen dan Instrumen        : Lembar Observasi
Kisi-kisi                                                   :
No
Indikator
1
Menujukkan  hikmah kemerdekaan sebagai tanda syukur kepada Tuhan YME, dalam kegiatan membangun kehidupan berbangsa dan bernegara dengan:
1.     Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran
2.    Memberi salam  pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut
3.    Saling menghormati dan toleransi
4.    Memelihara hubungan baik dengan sesama teman sekelas.

2
Mengamalkan prilaku jujur terhadap penyelesaian  tugas-tugas yang diberikan dari pembelajaran sejarah
1.       Tidak berbohong
2.       Mengembalikan kepada yang berhak bila menemukan sesuatu
3.       Tidak menyontek
4.       Terus terang


3
Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan diskusi dalam proses pembelajaran
1.        Menyelesaikan tugas tepat waktu
2.       Berkontribusi dalam kelompok
3.       Saling menghargai / toleran terhadap perbedaan
4.       Ramah dengan sesama teman







Rubrik pemberian skor:
4 = jika peserta didik melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut
3 = jika peserta didik melakukan 3 (empat) kegiatan tersebut
2 = jika peserta didik  melakukan 2 (empat) kegiatan tersebut
1 = jika peserta didik melakukan salah satu (empat) kegiatan tersebut
Penilaian                                                                       
Sikap


Modus
Predikat


3,51-4,00
Sangat Baik (SB)

Nilai=  x 4
2,51-3,50
Baik (B)


1,51-2,50
Cukup (C)


1,00-1,50
Kurang (K)






Lembar Observasi Sikap Spiritual dan Sosial

Kelas                                   : ………………………………
               Tanggal pengamatan            : ………………………………
               Materi pokok/ Tema              : ………………………………
No
Tanggal
Nama Peserta didik
Aspek penilaian
Jumlah Skor
Nilai
kategori
Sikap Spiritual
Sikap Sosial
Mensyukuri (1-4)
Jujur (1-4)
Tanggung jawab
 (1-4)
1.             








2.             








3.             








4.             








5.             








6.             








7.             








8.             








9.             








10.         









                                                                                                                  
                       























Lampiran 3. Penilaian Kompetensi Pengetahuan

Kompetensi Pengetahuan
a.    Teknik Penilaian                 : Tes tertulis
b.    Bentuk Instrumen               : Essai
c.    Indikator                            : Menganalis langkah-langkah yang ditempuh pemerintah dalam upaya meningkatkan aktivitas perekonomian bangsa Indonesia pada masa demokrasi terpimpin
d.   Kisi-kisi                              :
No.
Materi Pokok
Butir Instrumen
1
Proses pembentukkan perencaaan pembangunan nasional (Executing the National Development)
1 - 2
2
Penekanan  laju  inflansi (Pushing the Rate of Iflation)
3 - 5
3
Penurunan nilai mata uang (Money Devaluation)
6 - 8
4
Perdagangan dan perkreditan luar negeri
9 - 10

No
Butir Instrumen
1.
Pada masa kabinet siapakah yang telah mengeluarkan  UU tentang perencanaan untuk membentuk badan perekonomian yang bertugas untuk meningkatkan taraf ekonomi bangsa
2.
Pada tahun 1963  Dewan Perancang Nasional berubah menjadi…..
3.
Suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus menerus (kontinu)berkaitan dengan mekanisme pasar yang disebabkan berbagai faktor disebut…..
4.
Peraturan pemerintah yang dikeluarkan sebagai upaya membendung inflasi adalah…..
5.
Pada masa sistem Ekonomi Terpimpin, semua Bank dikuasai oleh Negara disatukan dengan nama…..  
6.
Dalam rangka membendung inflasi dan mengurangi jumlah uang yang beredar di masyarakat, pemerintah mengumumkan penurunan nilai uang yang juga disebut dengan…..
7.
Pada peraturan yang disosialisasikan pada tanggal 25 Agustus 1959 Uang kertas pecahan Rp 1.000,00 nilainya diturunkan menjadi…..
8.
Kegagalan dalam berbagai kebijakan moneter itu semakin diperparah dengan pelaksanaan proyek-proyek mercusuar, seperti pembangunan gedung-gedung yang digunakan untuk ….. dan ….
9.
RRC dan Indonesia memiliki hubungan perdaganga bilateral yang didasarkan atas sistem…..
10.
Pungutan yang dikenakan pada pemberian izin impor disebut dengan ….. 

Kunci Jawaban:
1.      Kabinet Djuanda               
2.      Badan Perancang Pembangunan Nasional (Bappenas)
3.      Game of the New Emerging Forces (Ganefo) dan Conference of the New Emerging Forces (Conefo)
4.      Inflasi
5.      Peraturan Pemerintah Pengganti UU No. 2 th 1959         
6.      Devaluasi uang      
7.      Rp. 100,00
8.      Bank Negara Indonesia
9.      Government to government (g to g)
10.  Deferrend payment

e.       Rubik penilaian
Jumlah jawaban benar X 10 = Nilai
       
1.         Pedoman pensekoran : Skor max 100
2.         Dengan rincian       :        
No
Skor
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
10
total
100
























Lampiran 4. Penilaian Komepetensi Keterampilan

Kompetensi Keterampilan
a.    Teknik Penilaian                 : Diskusi Kelompok
b.   Bentuk Instrumen               : Pengamatan Sikap
c.    Kisi-kisi                              :
v  contoh lembar penilaian 1
Format Penilaian kelompok
Unjuk kerja dalam bentuk diskusi model pembelajaran two stay two stray.

Lembar Penilaian Diskusi Two Stay Two Stray
Hari/Tanggal               : ………
Materi Pembelajaran   : ……....
Nama Kelompok         :………
SMA N 1 Semarang
No
Sikap /Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/
Nama peserta
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2.
Kerjasama Kelompok



3.
Hasil tugas



Jumlah nilai kelompok


Penilaian Individu Peserta didik
1.
Berani mengemukakan pendapat



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah nilai Individu



a.       Kriteria Penilaian
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80 – 100
Memuaskan
4
70 – 79
Baik
3
60 – 69
Cukup
2
45 – 59
Kurang Cukup
1












v  Lembar Penilaian 2
Lembar Kerja Kelompok
Nama               :
Kelas               :..................
Hari / Tanggal  :
Materi              :          
Nama

Aspek Penilaian
Rata-Rata Nilai

Partisipasi
Pemahaman materi
Penampilan
















Keterangan
a.       Partisipasi
Peserta didik memperoleh nilai :
4        : apabila peserta didik berinteraksi dalam satu kelompok dan
3        : apabila peserta didik aktif dalam penyajian maupun saat sesi diskusi  
2        : apabila peserta didik  memperhatikan terhadap situasi penyajian
1               : apabila peserta didik tidak memperhatikan atau acuh terhadap situasi penyajian
b.      Pemahaman Materi
Peserta didik memperoleh nilai :
4        : apabila peserta didik mampu menganalisis permasalahan dalam materi dan mengembangkan  idenya
3        : apabila peserta didik mampu menganalisis permasalahan dalam materi           
2        : apabila peserta didik paham akan materi yang disajikan
1        : apabila peserta didik tidak dapat memahami materi yang disajikan
2)   Penampilan
Peserta didik memperoleh nilai :
4        : apabila peserta didik mampu mempertahankan pemikirannya dan mengembangkan idenya
3        : apabila peserta didik mampu menumbuhkan pemikiran baru dari peserta lain
2        : apabila peserta didik mampu menyajikan apa yang sudah dikerjakan
1        : apabila peserta didik kurang yakin akan hasil pekerjaan yang dikerjakan
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 9, skor tertinggi 4 x 3 pernyataan = 12, maka skor akhir :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik          : apabila memperoleh skor  3,34 – 4,00
Baik                      : apabila memperoleh skor  2,66 – 3,33       
Cukup                   : apabila memperoleh skor  1,66 – 2,65
Kurang                  : apabila memperoleh skor kurang  1,66

Lampiran 6. Lembar Kerja Siswa

             Tugas Individu I
1.     Pada kabinet pemerintah siapa yang telah mengeluarkan sebuah UU tentang perencanaan untuk membentuk badan perekonomian yang bertugas untuk meningkatkan taraf ekonomi bangsa ?
2.    Pada tahun 1963  Dewan Perancang Nasional berubah menjadi…..
3.    Suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus menerus (kontinu)berkaitan dengan mekanisme pasar yang disebabkan berbagai factor disebut…..
4.    Peraturan pemerintah yang dikeluarkan sebagai upaya membendung inflasi adalah…..
5.    Pada masa sistem Ekonomi Terpimpin, semua Bank dikuasai oleh Negara disatukan dengan nama…..  
6.    Dalam rangka membendung inflasi dan mengurangi jumlah uang yang beredar di masyarakat, pemerintah mengumumkan penurunan nilai uang yang juga disebut dengan…..
7.    Pada peraturan yang disosialisasikan pada tanggal 25 Agustus 1959 Uang kertas pecahan Rp 1.000,00 nilainya diturunkan menjadi…..
8.    Kegagalan dalam berbagai kebijakan moneter itu semakin diperparah dengan pelaksanaan proyek-proyek mercusuar, seperti pembangunan gedung-gedung yang digunakan untuk ….. dan ….
9.    RRC dan Indonesia memiliki hubungan perdaganga bilateral yang didasarkan atas sistem…..
  1. Pungutan yang dikenakan pada pemberian izin impor disebut dengan …

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top