RPP k 13 Gerakan Non Blok

RPP k 13 Gerakan Non Blok

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan            :  SMA Negeri ... Semarang
Kelas/Semester                  :  XII / 2
Mata Pelajaran                   :  Sejarah Indonesia
Materi Pokok                     : Kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia    “Non Blok “.
Alokasi Waktu                   : 2 JP (1x Pertemuan)

A.      KOMPETENSI INTI :
KI-I
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2
:
Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleransi, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam  serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI-3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan  rasa keingintahuan tentang ilmu pegetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan perdaban terkait penyebab fenomena, dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4
:
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan  ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
No.
Kompetensi Dasar
Indikator

  1.  
1.1 Mengamalkan hikmah kemerdekaan sebagai tanda syukur kepada Tuhan YME, dalam kegiatan membangun kehidupan berbangsa dan bernegara
1.1.1        Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran
1.1.2        Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi

  1.  
2.2   Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas – tugas dari pembelajaran sejarah

2.2.1        Jujur dalam mengerjakan tugas pembelajaran sejarah
2.2.2        Bertanggung jawab untuk melaksanakan tugas-tugas yang diberikan

  1.  
3.8   Mengevaluasi  kontribusi  bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia diantaranya ; ASEAN, Non Blok dan Misi Garuda.
3.8.1        Menjelaskan pengertian dari GNB
3.8.2        Mendiskripsikan latar belakang berdirinya GNB
3.8.3        Menganalisis tujuan didirikannya GNB
3.8.4        Menyebutkan tokoh-tokoh pendiri GNB  dengan negaranya.
3.8.5        Mengidentifikasi kegiatan organisasi GNB
3.8.6        Menguraikan penyelenggaraan KTT Non Blok
3.8.7         Memerinci kontribusi Indonesia dalam GNB
4.
4.8 Menyajikan hasil telaah tentang kontribusi  bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia diantaranya ; ASEAN, Non  Blok, dan Misi Garuda serta menyajikannya dalam bentuk laporan  tertulis.

4.8.1 Mencatat hasil diskusi dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai materi Gerakan Non Blok


C.       Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta didik dapat:
1.1.1.1       Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran
1.1.1.2       Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
2.2.1.1       Jujur dalam mengerjakan tugas pembelajaran sejarah
2.2.1.2       Bertanggung jawab untuk melaksanakan tugas-tugas yang diberikan
3.8.1.1       Menjelaskan pengertian dari GNB
3.8.1.2       Mendiskripsikan latar belakang berdirinya GNB
3.8.1.3       Menganalisis tujuan didirikannya GNB
3.8.1.4       Menyebutkan tokoh-tokoh pendiri GNB  dengan negaranya.
3.8.1.5       Mengidentifikasi kegiatan organisasi GNB
3.8.1.6       Menguraikan penyelenggaraan KTT Non Blok
3.8.1.7       Memerinci kontribusi Indonesia dalam GNB
4.8.1.1       Mencatat hasil diskusi dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai materi Gerakan Non Blok

D.      Materi Pembelajaran 
1.         Latar belakang dan sejarah Gerakan Non Blok
2.         Tujuan dan asas didirikannya Gerakan non Blok
3.         Bentuk-bentuk organisasi Gerakan Non Blok
4.         Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Non Blok
5.         Peranan Indonesia dalam Gerakan Non Blok
Lampiran 1

E.       PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan                  : Scientific Learning
Model                          : Two Stay Two Stray
Metode                        :Ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan

F.        Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran  
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
Kegiatan Pendahuluan
1)      Guru membuka pelajaran dengan memberikan salam, berdoa bersama, menanyakan kabar peserta didik, dan mempresensi peserta didik.
2)      Guru memberikan motivasi kepada peserta didik dengan menyanyikan lagu “Bangun Pemudi Pemuda”
3)      Guru menanyakan materi yang telah dipelajari oleh peserta didik pada pertemuan sebelumnya
4)      Guru menyampaikan topik tentang “ Gerakan Non Blok”.
5)      Guru menyampaikan  indikator ketercapaian
6)      Guru membagi kelas menjadi 4 kelompok peserta didik (kelompok I, II, III, dan IV  ), masing-masing kelompok 4 orang secara heterogen
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
a)         Peserta didik diminta untuk mengamati dan mencermati penjelasan materi  yang disajikan oleh guru yang berkaitan dengan gerakan non blok
b)        Peserta didik mengamati video tentang Gerakan Non Blok
Ø      Nilai yang dikembangkan : kesungguhan, ketelitian
Menanya
a)         Peserta didik diarahkan untuk mengeksplorasi dan merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung (pertanyaan hipotetik) dengan materi ajar.
Contoh pertanyaan:
v  Bagaimana latar belakang dan tujuan didirikannya Gerakan Non Blok?
v  Bagaimana sejarah terbentunya Gerakan Non Blok?
v  Siapa saja tokoh pendiri Gerakan Non Blok dan siapa anggotanya?
v  Bagaimana KTT Non Blok dilaksanakan?
v  Bagaimana peran Indonesia dalam Gerakan Non Blok?
b)        Berdasarkan sejumlah pertanyaan yang teridentifikasi, peserta didik mencari jawaban melalui diskusi kelompok dengan model two stay two stray
Ø Nilai yang dikembangkan : rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
Mencoba/mengumpulkan data atau informasi
a)         Peserta didik mencari informasi dan bahan-bahan pendukung seperti buku-buku lain dan internet untuk menjawab soal tersebut.
b)        Peserta didik dengan kelompoknya berdiskusi tentang:
v  Kelompok 1 tentang  latar belakang dan tujuan Gerakan Non Blok
v  Kelompok 2 tentang kegiatan organisasi Gerakan Non Blok
v  Kelompok 3 tentang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Non Blok
v  Kelompok 4 tentang peranan Indonesia dalam Gerakan Non Blok
Ø Nilai yang perlu dikembangkan : Mengembangkan sikap teliti, menghargai pendapat orang lain, kerja keras, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari
Mengasosiasi/menalar
a)      Peserta didik menganalisis data dan informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan berkaitan dengan Gerakan Non Blok
b)      Setiap anggota kelompok megutarakan hasil analisisnya mengenai jawaban atas pertanyaan yang telah disusun, kemudian mendiskusikannya untuk mencari jawaban yang benar
c)      Peserta didik  menyusun jawaban hasil diskusi bersama pada lembar jawaban
d)     Setelah selesai, dua orang dari masing-masing bertamu ke kelompok yang lain
e)      Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu mereka
f)       Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain
g)      Nilai yang dikembangkan sikap prilaku disiplin, tanggungjawab,  kerjasama.
Ø Nilai yang perlu dikembangkan : teliti, menghargai pendapat orang lain, kerja keras
Mengkomunikasikan
a)         Guru membimbing peserta didik untuk mulai mengkomunikasikan hasil kegiatan kelompok
b)        Masing-masing perwakilan kelompok maju kedepan untuk mempersentasikan hasil kerja kelompoknya
c)         Kelompok lain memberikan tanggapan
d)        Guru memberikan  konfirmasi terhadap jawaban peserta didik dalam diskusi, dengan meluruskan jawaban yang kurang tepat dan memberikan penghargaan bila jawaban benar
e)         Tanya jawab dengan menggunakan teka-teki
Ø Nilai yang dikembangkan teliti, santun, responsive, dan kemampuan berfikir sistematis dan mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar, percaya diri

60 menit
a.      Kegiatan penutup
1)      Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal tentang
2)      Guru memberikan pertanyaan/kuis individu kepada peserta didik sebagai evaluasi
3)      Guru menanyakan pendapat peserta didik  tentang pembelajaran pada hari ini
4)      Guru menyampaikan materi yang akan dilaksanakan untuk minggu depan
5)      Guru menyampaikan tugas yang harus dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya tentang “Penyelenggaraan KTT Non Blok”.
6)      Guru mengingatkan peserta didik untuk tetap belajar dan menghimbau kepada mereka untuk tidak segan bertanya jika ada hal yang belum dimengerti pada pertemuan selanjutnya
7)      Kegiatan pembelajaran ditutup dan diakhiri dengan salam
15 menit


G.      PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.         Sikap Spiritual
Jenis/Teknik Penilaian                          : Observasi
Bentuk Instrumen dan Instrumen       : Lembar Observasi
Pedoman Penskoran                            : Lampiran 2
2.         Sikap Sosial
Jenis/Teknik Penilaian                          : Observasi
Bentuk Instrumen dan Instrumen       : Lembar Observasi
Pedoman Penskoran                           : Lampiran 3
3.         Pengetahuan
Jenis/Teknik Penilaian                          : Test tertulis
Bentuk Instrumen dan Instrumen       : Lembar Kerja Siswa
Pedoman Penskoran                            : Lampiran 4
4.         Keterampilan
Jenis/Teknik Penilaian                          : Test tertulis dan Praktik
Bentuk Instrumen dan Instrumen       : Lembar Kerja Kelompok
Pedoman Penskoran                            : Lampiran 5



H.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.  Media             : Power point, video motivasi dan video tentang Gerakan Non Blok.
2.  Alat/Bahan      : Papan tulis, Spidol, Kertas Manila, LCD, Laptop
3.  Sumber Belajar :
 Buku Paket MagdaliaAlfiandkk. 2007. Sejarahuntuk SMA kelas XII Program IlmuSosial. KTSP Standar Isi 2006. Jakarta : ESIS., Internet
Sastrowiryo, Yusnita. 2014. Sejarah untuk SMA kelas XII Program IlmuSosial. Kurtilas. Standar Isi 2013. Jakarta : Erlangga.,





Semarang,
Mengetahui:                                                               
Kepala SMA N 1 Semarang                                                       Guru Mata Pelajaran,



           
_______________________                                                              Nur Alifah
NIP. ...                                                                    












Lampiran 2: Penilaian Sikap Spiritual
Lembar Observasi: Sikap Spiritual

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 =  selalu, apabila secara terus menerus melakukan aspek yang diamati
3 =  sering, apabila cenderung lebih banyak melakukan aspek yang diamati
2 =  kadang-kadang, apabila cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati
1 =  tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan aspek yang diamati
Nama Peserta Didik                  : ...
Kelas                                          : ...
Tanggal Pengamatan                 : ...
Materi Pokok                             : ...

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan




Jumlah Skor



Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  3,34 – 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor  2,66 – 3,33           
Cukup                         : apabila memperoleh skor  1,66 – 2,65
Kurang            : apabila memperoleh skor kurang  1,66




Lampiran 3: Penilaian Sikap Sosial
Lembar Penilaian Diri: Sikap Sosial

Nama Peserta Didik      :           ………………….
Kelas                              :           ………………….
Materi Pokok                 :           ………………….
Tanggal                          :           ………………….

Petunjuk
1.             Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
2.             berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari

No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
2
3
4
1
Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas




2
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang




3
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain




4
Saya bertanggung jawab untuk melaksanakan tugas-tugas yang diberikan




Jumlah Skor



Keterangan :
·                SL  : selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
·                SR  : sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
·                KD : kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
·                TP  : tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  3,34 – 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor  2,66 – 3,33           
Cukup                         : apabila memperoleh skor  1,66 – 2,65
Kurang            : apabila memperoleh skor kurang  1,66

Lampiran ke 4: Penilaian Pengetahuan
a.        Penilaian Kelompok/ Kuis
Lembar Kerja Siswa :
Nama :
Kelas :..................
Hari / Tanggal :
Materi :

Kisi –kisi soal
Indikator
Butir soal
Skor
Latar belakang berdiri gerakan nonblok
4
40
Sejarah gerakan non blok
2
20
Negara-negara pendiri gerakan non blok
6
60
Peranan Indonesia dalam gerakan non blok
2
20

·         Instrumen penilaian






G1.










2





E










3





R










4





A
















K5














6

A
















N7

















N8













9


O















10
N

















B11









12






L















13
O
















14K










Pertanyaan
Kunci
1.          Negara asal Kwane Nkrumah adalah...
2.           Politik penghapusan perbedaan  ras kulit putih dan hitam di Afrika...
3.          Tokoh pendiri GNB dari India...
4.          Negara asal Josep Broz Tito...
5.          Zambia merupakan penyenggara KTT Non Blok ke...
6.          Konferensi internasional di Bandung tahun 1955...
7.          Tokoh Pendiri GNB dari Mesir...
8.          Organisasi pertahanan Blok Barat...
9.          Dokumen yang berisi kesepakatan tentang pembentukan GNB...
10.      Negara tempat GNB tahun 1992...
11.       Kota Pertemuan pertama KTT Non Blok...
12.      Dialog kejasama  antar negara maju dan berkembang...
13.      Tokoh pendiri GNB dari Indonesia...
14.      KTT Non-Blok ke IV diselenggarakan karena adanya krisis...
1.     Ghana
2.     Apartheid
3.     Jawaharlal Nehru
4.     Yugoslavia
5.     III
6.     KAA
7.     Nasser
8.     NATO
9.     Brioni
10. Indonesia
11. Beograd
12. Utara-Selatan
13. Soekarno
14. Kuba

                        Skor yang diperoleh
Nilai akhir =  -------------------------- x 100
                          Skor maksimum

 
  


Pedoman Penilaian
1.      Pedoman pensekoran : Nilai max 100
2.      Dengan rincian :   tiap-tiap butir soal skor 10










a.      Penilaian kelompok
Ø Jenis/Teknik Penilaian    : Penugasan
Ø Bentuk Instrumen           : laporan tertulis atau artikel
Ø Kisi-Kisi                          : Mencari atau membuat artikel tentang penyelenggaraan KTT Non Blok
Ø Instrumen                         :
1.    Carilah artikel tenteng penyelenggaraan KTT Non Blok!
2.    Sertakan sumber artikel tersebut
3.    Kelompok 3 orang

Ø Rubrik penilaian
Skor 4 =  Apabila siswa sudah tepat dalam menuliskan atau mencari artikel  penyelenggaraan KTT Non Blok dan disertakan sumbernya.
Skor 3 = Apabila siswa kurang tepat dalam menuliskanatau mencari  penyelenggaraan KTT Non Blok disertakan sumbernya
Skor 2 =  Apabila siswa salah dalam menuliskan penyelenggaraan KTT Non Blok disertakan sumbernya
Skor 1 =  tidak mengerjakan
Kriteria Penilaian
Nilai Ketuntasan


Capaian Optimum
Huruf


3,85 – 4,00
A

Skor A= Sangat Baik
3,51 – 3,84
A-

Skor B= Baik
3,18 – 3,50
B+

Skor C= Cukup
2,85 – 3,17
B

Skor D= Kurang
2,51 – 2,84
B-


2,18 – 2,50
C+


1,85 – 2,17
C

Nilai=  x 4 =
1,51 – 1,84
C-

1,18 – 1,50
D+


1,00 – 1,17
D



b.      Penilaian Individu

Lembar Kerja Siswa :
Nama :
Kelas :..................
Hari / Tanggal :
Materi :

Kisi –kisi soal
Indikator
Butir soal
Skor
Pengertian Gerakan Non Blok
1
20
Latar belakang berdiri gerakan nonblok
1
20
Tujuan Gerakan Non Blok
1
20
Negara-negara pendiri gerakan non blok
1
20
Peranan Indonesia dalam gerakan non blok
1
20
Nilai=Jumlah skor
SOAL
1.      Apa yang dimaksud dengan Gerakan Non blok
2.      Jelaskan 3 latar belakang berdirinya Gerakan Non Blok !
3.      Sebutkan 3 tujuan didirikan  Gerakan Non Blok
4.      Sebutkan nama-nama pendiri Gerakan Non Blok !
5.      Sebutkan  3 peranan Indonesia dalam Gerakan Non Blok









 Lampiran ke 5: Penilaian Keterampilan
Lembar Kerja Kelompok :
Nama :
Kelas :..................
Hari / Tanggal :
Materi :
Penilaian
Nama

Aspek Penilaian
Rata-Rata Nilai

Partisipasi
Pemahaman materi
Penampilan
















Keterangan
a.   Partisipasi
Peserta didik memperoleh nilai :
4     : apabila peserta didik berinteraksi dalam satu kelompok
3     : apabila peserta didik aktif dalam penyajian maupun saat sesi diskusi         
2     : apabila peserta didik  memperhatikan terhadap situasi penyajian
1     : apabila peserta didik tidak memperhatikan atau acuh terhadap situasi penyajian
b.   Pemahaman Materi
Peserta didik memperoleh nilai :
4     : apabila peserta didik mampu menganalisis permasalahan dalam materi dan mengembangkan idenya
3     : apabila peserta didik mampu menganalisis permasalahan dalam materi      
2     : apabila peserta didik paham akan materi yang disajikan
1     : apabila peserta didik tidak dapat memahami materi yang disajikan
c.    Penampilan
Peserta didik memperoleh nilai :
4     : apabila peserta didik mampu mempertahankan pemikirannya dan mengembangkan idenya
3     : apabila peserta didik mampu menumbuhkan pemikiran baru dari peserta l  ain
2     : apabila peserta didik mampu menyajikan apa yang sudah dikerjakan
1     : apabila peserta didik kurang yakin akan hasil pekerjaan yang dikerjakan

Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4


Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik        : apabila memperoleh skor  3,34 – 4,00
Baik                    : apabila memperoleh skor  2,66 – 3,33        
Cukup                            : apabila memperoleh skor  1,66 – 2,65
Kurang               : apabila memperoleh skor kurang  1,66





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top