Satuan
Pendidikan : SMA/MA
Mata
Pelajaran : Sejarah
Indonesia
Kelas : XII
Kompetensi
Inti :
KI. 1 Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI. 2 Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI. 3
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI. 4 Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan Metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1.1
Mengamalkan hikmah kemerdekaan sebagai tanda syukur kepada Tuhan YME, dalam kegiatan
membangun kehidupan berbangsa dan bernegara.
|
|
|
|
|
|
|
2.1 Meneladani
perilaku kerjasama, tanggung jawab,
cinta damai para pejuang dalam
mempertahankan kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.2 Berlaku
jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran
sejarah
2.3 Menunjukan
sikap peduli dan proaktif yang dipelajari dari peristiwa dan para pelaku
sejarah dalam menyelesaikan permasalahan bangsa dan negara Indonesia.
|
|
|
|
|
|
|
3.1
Mengevaluasi upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi
ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan
pemberontakan
3.2
Mengevaluasi peran
tokoh Nasional dan Daerah yang Berjuang Mempertahankan Keutuhan Negara dan
bangsa Indonesia pada masa 1948 – 1965
4.1
Merekonstruksi upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi
ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan
pemberontakan (antara lain:PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS,
PRRI, Permesta, G-30-S/PKI) dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
4.2.Menulis sejarah tentang tokoh
nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa
Indonesia pada masa 1948- 1965.
|
Perjuangan
Bangsa Indonesia dalam Mempertahankan Integrasi Bangsa Indonesia dalam Mempertahankan
Integrasi Bangsa dan Negara RI.
· Upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa
terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan
· Tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara
dan bangsa Indonesia pada masa 1948 -1965
|
Mengamati:
· Membaca
buku teks, menyimak penjelasan guru, melihat foto-foto, film dokumenter,
browsing di internet (jika tersedia) dan atau melihat objek sejarah
terdekat yang terkait dengan perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan
integrasi bangsa dan negara RI.
Menanya:
· Menanya
untuk mendapatkan klarifikasitentang perjuangan bangsa Indonesia dalam
mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI.
Mengeksplorasi:
· Mengumpulkan
informasi yang terkait dengan perjuangan bangsa Indonesa dalam mempertahankan
integrasi bangsa dan negara RI
kemerdekaan melalui bacaan atau pengamatan terhadap sumber sejarah
lain yang terkait.
· Mengasosiasi:
Mengevaluasi informasi dan data-data yang
didapat dari bacaan maupun dari sumber-sumber lain yang terkait
untuk mendapatkan kesimpulan tentang
perjuangan bangsa Indonesa dalam mempertahankan
integrasi bangsa dan negara RI
kemerdekaan.
Mengomunikasikan:
· Melaporkan
dalam bentuk tulisan hasil evaluasi dan kesimpulan tentang
perjuangan bangsa Indonesa dalam mempertahankan
integrasi bangsa dan negara RI.
|
Tugas :
· Menulis
cerita sejarah berkaitan dengan peristiwa G 30 S PKI, dan
· Menulis
perjuangan dan peran salah satu tokoh
daerah/nasional, yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan
bangsa Indonesia pada masa 1948- 1965
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan tentang perjuangan
bangsa Indonesia dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI.
Portofolio:
Menilai laporan-laporan dan karya peserta didik berkaitan dengan materi perjuangan bangsa Indonesia dalam
mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI.
Tes tertulis:
Menilai kemampuan peserta didik dalam
mengevaluasi tentang tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam
perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara
RI.
|
16 jp
|
· Buku Paket Sejarah Indonesia kelas XII
· Buku-buku
lainnya.
· Internet
(jika tersedia)
· Gambar-gambar
tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan
· Film dokumenter
· Peta Indonesia
|
|
3.3 Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik, sosial dan ekonomi bangsa
Indonesia pada masa Demokrasi Liberal.
3.4
Mengevaluasi perkembangan kehidupan politik, sosial dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa
Demokrasi Terpimpin.
4.3 Merekonstruksi perkembangan
kehidupan politik dan ekonomi bangsa
Indonesia pada masa Demokrasi Liberal dan menyajikannya dalam bentuk laporan
tertulis.
4.4 Melakukan penelitian sederhana tentang kehidupan politik dan ekonomi
bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin dan menyajikannya dalam bentuk
laporan tertulis.
|
Indonesia
pada masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin
·
Perkembangan
kehidupan politik, sosial dan ekonomi
bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Liberal.
·
Perkembangan kehidupan
politik, sosial dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin.
|
Mengamati:
· Membaca
buku teks, menyimak penjelasan guru, melihat foto-foto, film dokumenter,
browsing di internet (jika tersedia) tentang perubahan dan perkembangan
politik,sosial dan ekonomi masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin.
Menanya:
· Menanya
melalui diskusi untuk mendapatkan klarifikasitentang perubahan dan
perkembangan politik, sosial dan ekonomi
masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin.
Mengeksplorasi:
· Mengumpulkan
informasi yangterkait dengan materi tentang perubahan dan perkembangan
politik, sosial dan ekonomi masa
Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin melalui bacaan, pengamatan terhadap
sumber sejarah, buku, foto-foto, film dokumenter, dan internet (jika
tersedia).
Mengasosiasi:
· Mengevaluasi
dan menarik kesimpulan data-data hasil wawancara, membaca buku, melihat
foto-foto, menonton film dokumenter dan browsing di internet tentang
perubahan dan perkembangan politik, sosial
dan ekonomi masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin.
Mengomunikasikan:
· Membuat
laporan tertulis hasil rekonstruksi dan melakukan penelitian sederhana
tentang perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada
masa Demokrasi Liberal dan masa
Demokrasi Terpimpin.
|
Tugas:
· Membuat
laporan tertulis hasil rekonstruksi tentang perkembangan
kehidupan politik dan ekonomi bangsa
Indonesia pada masa Demokrasi Liberal, dan
· Melakukan penelitian sederhana tentang kehidupan politik dan ekonomi
bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin.
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai laporan-laporan dan karya peserta didik berkaitan dengan
materi tentang perubahan dan
perkembangan politik, sosial dan ekonomi masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi
Terpimpin.
Tes tertulis:
Menilai kemampuan peserta didik dalam
mengevaluasi tentang perubahan dan perkembangan politik, sosial
dan ekonomi masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin.
|
12 jp
|
· Buku Paket Sejarah Indonesia kelas XII
· Buku-buku
lainnya.
· Internet
(jika tersedia)
· Gambar-gambar tentang
demokrasi Liberal dan Terpimpin
· Film
dokumenter
· Peta Indonesia
|
|
3.5
Mengevaluasi kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Orde Baru.
3.6
Mengevaluasi kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi.
3.7
Mengevaluasi peran
pelajar, mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan
ketatanegaraan Indonesia
4.5 Melakukan penelitian sederhana tentang kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Orde Baru dan
menyajikannya dalam bentuk laporan
tertulis.
4.6 Melakukan penelitian sederhana tentang kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi
dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.
4.7 Menulis sejarah tentang peran pelajar, mahasiswa dan tokoh masyarakat
dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia.
|
Kehidupan
Bangsa Indonesia di Masa Orde Baru dan Reformasi
· Kehidupan
politik dan ekonomi bangsa Indonesia
pada masa Orde Baru.
· Kehidupan
politik dan ekonomi bangsa Indonesia
pada masa awal Reformasi.
· Peran
pelajar, mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan
ketatanegaraan Indonesia
|
Mengamati:
· Melaluimenyimak
penjelasan guru, membaca buku, melihat foto-foto, film dokumenter, browsing
di internet (jika tersedia) tentang perubahan dan perkembangan politik,
sosial dan ekonomi masa Orde Baru dan
awal Reformasi serta peran mahasiswa, pelajar, dan pemuda dalam berbagai
peristiwa yang terjadi pada masa tersebut.
Menanya:
· Menanya
untuk mendapatkan klarifikasitentang perubahan dan perkembangan politik,
sosial dan ekonomi masa Orde Baru dan
awal Reformasi serta peran mahasiswa, pelajar, dan pemuda dalam berbagai
peristiwa yang terjadi pada masa tersebut.
Mengeksplorasi:
· Mengumpulkan
informasi lanjutan terkait dengan pertanyaan dan materi tentang perubahan dan
perkembangan politik, sosial dan ekonomi
masa Orde Baru serta peran mahasiswa, pelajar, dan pemuda dalam
berbagai peristiwa yang terjadi pada masa tersebut melalui bacaan, pengamatan
terhadap sumber sejarah, buku, foto-foto, film dokumenter, dan internet.
Mengasosiasi:
· Mengevaluasi data-data hasil wawancara, membaca buku,
melihat foto-foto, menonton film dokumenter dan browsing di internet (jika
tersedia)tentang perubahan dan perkembangan politik, sosial, dan ekonomi masa
Orde Baru dan awal Reformasi serta peran mahasiswa, pelajar, dan pemuda dalam
berbagai peristiwa yang terjadi pada masa tersebut.
Mengomunikasikan:
· Melaporkan
hasil evaluasi dalam bentuk tulisan
yang isinya tentang perubahan dan perkembangan politik, sosial dan
ekonomi masa Orde Baru dan awal
Reformasi serta peran mahasiswa, pelajar, dan pemuda dalam berbagai peristiwa
yang terjadi pada masa tersebut.
|
Tugas :
·
Melakukan penelitian
sederhana tentang kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Orde Baru dan
Reformasi, dan
·
Menulis
sejarah tentang peran pelajar, mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam perubahan
politik dan ketatanegaraan Indonesia pada masa Reformasi.
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai laporan-laporan dan karya peserta didik berkaitan dengan materi tentang perubahan dan perkembangan politik,
sosial dan ekonomi masa Orde Baru dan awal Reformasi serta peran mahasiswa,
pelajar, dan pemuda dalam berbagai peristiwa yang terjadi pada masa tersebut.
Tes tertulis:
Menilai kemampuan peserta didik dalam mengevaluasi
tentang perubahan dan perkembangan
politik, sosial dan ekonomi masa Orde Baru dan awal Reformasi serta peran
mahasiswa, pelajar, dan pemuda dalam berbagai peristiwa yang terjadi pada
masa tersebut
|
16 jp
|
· Buku Paket Sejarah Indonesia kelas XII
· Buku-buku
lainnya
· Internet
(jika tersedia)
· Gambar-gambar tentang masa Orde Baru dan Reformasi
· Film
dokumenter
· Peta
Indonesia
|
|
3.8
Mengevaluasi kontribusi
bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia diantaranya ; ASEAN, Non Blok
dan Misi Garuda.
4.8
Menyajikan
hasil telaah tentang kontribusi bangsa
Indonesia dalam perdamaian dunia diantaranya ; ASEAN, Non Blok, dan Misi Garuda serta menyajikannya
dalam bentuk laporan tertulis.
|
Kontribusi Bangsa Indonesia dalam Perdamaian Dunia.
·
Kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia
diantaranya ; ASEAN, Non Blok dan Misi Garuda.
|
Mengamati:
· Membaca
buku teks, menyimak penjelasan guru, melihat foto-foto, film dokumenter,
browsing di internet (jika tersedia) tentang kontribusi bangsa Indonesia
dalam perdamaian dunia.
Menanya:
· Menanya untuk mendapatkan klarifikasitentang
kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia.
Mengeksplorasi:
· Mengumpulkan
informasiterkait dengan materi tentang kontribusi bangsa Indonesia dalam
perdamaian dunia melalui bacaan, pengamatan terhadap sumber sejarah, buku,
foto-foto, film dokumenter, dan internet.
Mengasosiasi:
· Mengevaluasi
data-data hasil wawancara, membaca buku, melihat foto-foto, menonton film
dokumenter dan browsing di internet tentang kontribusi bangsa Indonesia dalam
perdamaian dunia.
Mengomunikasikan:
· Melaporkan
hasil evaluasi kemudian disampaikan
dalam bentuk tulisan yang berisi tentang kontribusi bangsa Indonesia dalam
perdamaian dunia.
|
Tugas:
· Menulis
tentang hasil telaah tentang konstribusi Indonesia didalam perdamaian dunia (
misalnya : ASEAN, Non Blok dan Misi Garuda )
· Membuat
kliping tentang Gerakan Non-blok.
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai laporan-laporan dan karya peserta didik berkaitan dengan materi tentang kontribusi bangsa Indonesia dalam
perdamaian dunia.
Tes tertulis:
Menilai kemampuan peserta didik dalam
mengevaluasi kontribusi bangsa
Indonesia dalam
perdamaian dunia.
|
12 jp
|
· Buku Paket Sejarah Indonesia kelas XII
· Buku-buku
lainnya.
· Internet
(jika tersedia)
· Gambar-gambar tentang kontribusi
bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia.
|
|
3.9
Mengevaluasi perubahan demokrasi Indonesia dari tahun
1950 sampai dengan era Reformasi
4.9 Membuat studi komparasi tentang
ide dan gagasan perubahan demokrasi Indonesia 1950 sampai dengan era
Reformasi dalam bentuk laporan tertulis.
|
Perubahan Demokrasi Indonesia 1950 sampai dengan Era
Reformasi
· Perubahan
demokrasi Indonesia 1950 sampai dengan era Reformasi
|
Mengamati:
· Membaca
buku teks, menyimak penjelasan guru, melihat foto-foto, film dokumenter,
browsing di internet (jika tersedia) tentang Perubahan demokrasi Indonesia
1950 sampai dengan era Reformasi.
Menanya:
· Menanya
untuk mendapatkan klarifikasitentang perubahan demokrasi Indonesia 1950
sampai dengan era Reformasi.
Mengeksplorasi:
· Mengumpulkan
informasiyang terkait dengan pertanyaan dan materi tentang perubahan
demokrasi Indonesia 1950 sampai dengan era Reformasi melalui bacaan,
pengamatan terhadap sumber sejarah, buku, foto-foto, film dokumenter, dan
internet.
Mengasosiasi:
· Mengevaluasi
data-data hasil wawancara, membaca buku, melihat foto-foto, menonton film
dokumenter dan browsing di internet tentang perubahan demokrasi Indonesia
1950 sampai dengan era Reformasi.
Mengomunikasikan:
· Melaporkan
hasil evaluasi dilaporkan dalam bentuk
tulisan tentang perubahan demokrasi Indonesia 1950 sampai dengan era
Reformasi.
|
Tugas:
· Membuat
komparasi kehidupan demokrasi antara masa Demokrasi Liberal, Demokrasi Terpimpin,
Demokrasi Pancasila dan demokrasi dalam era Reformasi.
· Membuat
kliping pilkada di era Reformasi.
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai laporan-laporan dan karya peserta didik berkaitan dengan materi tentang perubahan demokrasi di Indonesia
tahun 1950 sampai era Reformasi.
|
12 jp
|
· Buku Paket Sejarah Indonesia kelas XII
· Buku-buku
lainnya
· Internet
(jika tersedia)
· Gambar-gambar perubahan demokrasi Indonesia 1950 sampai
dengan era Reformasi
· Film
dokumenter
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar